SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Karir Islam Melalui Latihan Kerja Dalam Membentuk Kemandirian Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batang
Kemandirian yang ditunjukkan anak tunaurngu di Sekolah Luar Biasa masih terus berkembang, baik kemandirian perilaku, emosi dan nilai. Banyak penyandang disabilitas yang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Bahkan masih ada keluarga yang tidak menerima kehadirannya. Karena keterbatan tersebut, sebagian dari mereka anak tunarungu merasa kesulitan mencari pekerjaan. Oleh karena itu pelaksanaan bimbingan karir Islam perlu dilaksanakan untuk mewujudkan siswa tunarungu yang mandiri, siap menghadapi karirnya setelah lulus nanti.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemandirian anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja terhadap anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja dalam membentuk kemandirian anak tunarungu di sekolah Luar Biasa Negeri Batang? 4) Bagaimana kemandirian siswa tunarungu setelah mengikuti bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di Sekolah Luar Biasa Negeri Batanng, mengetahui kemandirian anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja dalam membentuk kemandirian anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang, dan mengetahui kemandirian siswa tunarungu setelah mengikuti bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di Sekolah Luar Biasa Negeri Batang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori psikologi perkembangan karir teori belajar sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan karir Islam melalui latihan kerja di SLB Negeri Batang dapat membentuk kemandirian anak tunarungu. Melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut, kemandirian anak tunarungu yang awalnya sangat kurang setelah mengikuti bimbingan karir Islam dapat memiliki skill, antara lain tata busana, membatik dan melipat kertas. Sehingga anak tunarungu menjadi pribadi yang lebih mandiri, baik secara perilaku, emosi maupun nilai.
18SK1835046.00 | SK BPI 18.046 NUR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain