SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Siswa SMP N 12 Kota Pekalongan
Kecerdasan spiritual merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap manusia tetapi dalam mencapai kecerdasan ini tidaklah mudah khususnya bagi seorang siswa. Adapun program BK yang dirasa sesuai untuk membentuk kecerdasan spiritual siswa yaitu bimbingan kelompok, karena di dalam bimbingan kelompok siswa dapat bertukar pendapat, bersosialisasi dengan anggota kelompok yang lain dan dari materi-materi yang diberikan oleh guru BK akan mampu membentuk kecerdasan spiritual siswa yang baik.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa SMP N 12 Kota Pekalongan? 2) Bagaimana implementasi bimbingan kelompok dalam pembentukan kecerdasan spiritual siswa SMP N 12 Kota Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kecerdasan spiritual siswa SMP N 12 Kota Pekalongan 2) Mengetahui implementasi bimbingan kelompok dalam pembentukan kecerdasan spiritual siswa SMP N 12 Kota Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pedekatan yang digunakan adalah studi kasus, dimana penelitian ini hanya fokus pada satu kasus dan terikat pada satu tempat yakni sekolah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (model interaktif) antara lain: Reduksi data, Penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conlusion drawing/verification).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kecerdasan spiritual yang nampak pada siswa SMP N 12 Kota Pekalongan dikatakan baik meliputi siswa memiliki rasa empati, mampu bersaing secara sportiv, mampu bertanggung jawab akan tugasnya, dapat bersikap fleksibel, memiliki rasa toleransi, mampu mematuhi tata tertib dan intensitas ibadah yang cukup tinggi. Bentuk-bentuk kecerdasan yang disebutkan tersebut telah nampak pada beberapa siswa di SMP N 12 Kota Pekalongan, sebagian besar siswa memiliki kecerdasan spiritual yang baik. 2) Implementasi bimbingan kelompok dalam pembentukan kecerdasan spiritual siswa bisa dibilang sukses, karena adanya bimbingan kelompok mulai dari tahapan-tahapannya sampai materi yang disampaikan sudah sesuai mengenai hal-hal yang dapat membentuk kecerdasan spiritual siswa serta pertemuan yang dilakukan beberapa kali, penyerapan informasi dan pembiasaan sehari-hari dalam prakteknya kecerdasan spiritual tersebut sudah nampak pada sebagian besar siswa SMP N 12 Kota Pekalongan.
18SK1835044.00 | SK BPI 18.044 IKH i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain