SKRIPSI PIAUD
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Kelompok B2 di RA Muslimat NU MASYITHOH 06 Buaran pekalongan
Rizqiana, Nadia. 2024113027. 2017. Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik melalui Kegiatan Gerak dan Lagu Kelompok B2 di RA Muslimat NU Masyithoh 06 Buaran Pekalongan. Skripsi. Tarbiyah PIAUD IAIN PEKALONGAN.
Pembimbing : Drs. Esti Zaduqisti M.Si
Kata kunci : Peran guru, Kecerdasan Kinestetik
Di dalam dunia pendidikan, peran guru sangat penting bagi keberhasilan pembelajaran. Guru merupakan pemegang kendali dan kunci keberhasilan dalam mengembangkan aspek-aspek kecerdasan anak. Terutama untuk pendidikan anak usia dini, guru merupakan sentral penting bagi peserta didik. Seorang guru harus bisa merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan belajar yang disesuaikan dengan karakteristik anak Taman Kanak-kanak. Guru harus berperan sebagai model, perencana, fasilitator, evaluator bagi anak didik. Dalam pendidikan anak usia dini ada beberapa aspek kecerdasan yang harus dikembangkan, salah satunya adalah kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kinestetik perlu ditingkatkan karena kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide /gagasan dan emosi melalui gerakan, termasuk di dalam nya kemampuan mengefektifkan gerakannya dalam melakukan atau membuat sesuatu. Dan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik dapat melalui kegiatan gerak dan lagu, dimana kegiatan ini guru menjadi sentral penting dalam membantu mengembangkan kecerdasan kinestetik tersebut.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kecerdasan kinestetik anak kelompok B2 di RA Muslimat NU Masyithoh 06 Buaran Pekalongan?, Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan gerak dan lagu kelompok B2 di RA Muslimat NU Masyithoh 06 BuaranPekalongan?.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif model Milles and Hubberman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan hasil observasi.
18SK1824018.00 | SK PIAUD 18.018 RIZ p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain