SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di KB HUMAERO' Muslimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan
EKA FARISA, 2024213009, Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing I : Siti Mumun Muniroh, S.Psi., M.A. Pembimbing II : Hj. Chusna Maulida, M.Pd. I. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk menanamkan akhlak pada anak yang dimulai sejak anak usia dini agar terbentuk pribadi yang berakhlakul karimah yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan ajaran agama Islam, Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini seperti yang telah terdapat dalam permendikbud no 137 dan 146 yang sesuai dengan kurikulum 2013 tentang standar pendidikan anak usia dini megenai penyelenggaraan pendidikan PAUD non-fermal yang berbentuk Kelompok Bermain (KB). Oleh karena itu Kelompok Bermain bertugas mengarahkan anak didik agar dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan dalam perkembangan peserta didik tersebut. Demikian juga yang diterapkan di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan dalam memberikan pembelajaran pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kurikulum 2013 dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak, mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (metode, media yang digunakan), dan tahap evaluasi pembelajaran.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan dan faktor penghambat dan pendukung embelajaran pendidikan agama Islam di KB Humaero’ Mulimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Wonopringgo Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoretis, sebagai wacana bagi para praktisi pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kompetensinya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, menambah wawasan tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam. Secara praktis, sebagai bahan masukan bagi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini, memberi masukan kepada guu tentang implemetasi pembelajarn pendidikan agama Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi, dan metode analisis data.
18SK1824016.00 | SK PIAUD 18.016 FAR i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain