SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B TK PELITA ANANDA Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018
Suwarsiyah. 2017. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PELITA ANANDA KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018, Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : H.Miftahul Huda, M.Ag.
Kata kunci : bahasa, bercerita,boneka tangan
Menurut Wahyu Wibowo dalam bukunya yang berjudul Manajemen Bahasa, Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Melalui berbahasa seseorang atau anak akan dapat mengembangkan kemampuan sosialnya dengan orang lain. Penguasaan keterampilan bergaul dalam lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa. Disamping itu bahasa merupakan alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan orang lain. Tanpa bahasa seseorang tidak akan dapat berkomunikasi dengan orang lain. Anak dapat mengekspresikan pikirannya menggunakan bahasa sehingga orang lain dapat menangkap apa yang dipikirkan oleh anak.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang diteliti dapat diidentifikasikan sebagai berikut : Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak melalui metode bercerita pada anak kelompok B TK Pelita Ananda Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018? Bagaimana upaya meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Kelompok B TK Pelita Ananda Kota Pekalongan dengan media boneka tangan? Bagaimana Kemampuan Bahasa Verbal Anak Kelompok B TK Pelita Ananda Kota Pekalongan setelah penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan? Sedangkan tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Bahasa Verbal Anak Kelompok B TK Pelita Ananda Kota Pekalongan setelah menerapkan metode bercerita dengan media boneka tangan.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, Selain itu penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif yaitu membuat gambaran atau lukisan secara sistematika, faktual, akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan fenomena yang diteliti. Adapun Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, yaitu suatu upaya untuk mencermati kegiatan belajar sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan (treatmen) yang sengaja dimunculkan. Tindakan tersebut dilakukan oleh guru, oleh guru bersama – sama peserta didik, dengan maksud untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: 1) Observasi, 2) Angket, 3) Interview, dan 4) Dokumentasi. Selain itu analisa data yang peneliti pergunakan adalah analisa kuantitatif yaitu analisa data ini bersifat kuantitatif yang berwujud angka (numeric).
18SK1824010.00 | SK PIAUD 18.010 SUW u | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain