SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran MULTIPLE INTELLIGENCES Bagi Anak Usia Dini di TK QURROTA A'YYUN 01 AISYIYAH Pekalongan
Hasanah, Ummu.2017, dengan judul “Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di TK Qurrota A’yun 01 Aisyiyah Pekalongan”, Pembimbing :H. Agus Khumaedy, M.Ag.
Kata kunci: Multiple Intelligences, Pembelajaran, Anak Usia Dini
Berbagai aspek kecerdasan baik itu yang berpendapat delapan atau sembilan kecerdasan, masing-masing memiliki kontribusi yang cukup besar dalam mengembangkan konsep dalam pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didiknya. Karena ketika anak memasuki dunia pendidikan anak usia dini, maka pengembangan aspek kecerdasan jamak (multiple intelligences) itu dapat diaplikasikan dalam indikator-indikator pada lima bidang pengembangan. Dengan begitu, berdasarkan kecerdasan jamak pendidik dapat menaruh perhatian pada perbedaan diantara anak-anak didik dan pendidik mencoba menggunakan dalam strategi pembelajaran. Sehingga, tidak ada lagi anak yang terpinggirkan karena tidak bisa menerima materi yang disampaikan pendidik.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences bagi anak usia dini di TK Qurrota A’yun 01 Aisyiyah Pekalongan. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat TK Qurrota A’yun 01 Aisyiyah Pekalongan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis multiple intelligences. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di TK Qurrota A’yun 01 Aisyiyah Pekalongan. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat TK Qurrota A’yun 01 Aisyiyah dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis multiple intelligences.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah diapahami dan disimpulkan.
18SK1824007.00 | SK PIAUD 18.007 HAS i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain