SKRIPSI PIAUD
Peningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Media Pengolahan Bahan Bekas Pada Kelompok A TK ISLAM BAKTI II Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017
Risqi Amalia. 2017. PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA PENGOLAHAN BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI II PEKALONGAN. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi PIAUD Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Dr. H. Muhlisin, M.Ag
Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus dan Media Pengolahan Bahan Bekas.
Motorik halus adalah kemampuan mengkoordinasikan gerakan otot kecil dari anggota tubuh, terutama melibatkan jari tangan, biasanya dengan koordinasi mata. Contoh keterampilan motorik halus adalah memegang, menulis, menggunting, dan lain sebagainya. Keterampilan motorik halus melibatkan kekuatan, kontrol motorik otot. Keterampilanmotorikhalusdapatdilihatdarihasilteskemampuanseseorang yang menyelesaikantugas yang melibatkanjari-jaritangandenganmengikutitingkatperkembangannya.Secaraumummotorikanakdapatdilihatdandibandingkandengantemanusianya. Misalnya: anakusia 5 tahun yang duduk di TK kelompok A umumnya sudahbisamenulishurufalfabet, jikaadaanakusia 5 tahunbelumbisa menulisbisa jadikurangnyaketerampilanmotorikhalus. Keterampilanmotorikadalahketerampilanalami yang akandigunakanseumurhidup, namundemikiananakdalammasaperkembanganharusdifasilitasiuntukmengembangkanketerampilanmotoriknya. Anak yang memilikiketerampilanmotorik yang baikakanmudahmempelajarihal-halbaru yang sangatbermanfaatdalammenjalanipendidikan. Penguasaanketerampilanmotorikhalusjugadapatmemacuanakuntukmenekunibidangtertentusejakdinisepertibermainmusik, melukis, membuatgambardesain, membuatkerajinantangandaribahanbekasdan lain sebagainya. Banyaksekalianakmuda yang menonjolbakatnyakarenakemampuanmotorikhalus yang baik.
Rumusan Masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah:
1. Apakah proses pembelajaranmotorikhalus anak melalui media pengolahan bahan bekas menggunakan metode proyek padakelompok A TK Islam Bakti II Kota Pekalongan semester II tahunpelajaran 2016/2017 meningkat?
2. Seberapabanyakpeningkatanpesertadidikdalam perkembangan motorikhalusanak melalui media pengolahan bahan bekasmenggunakan metode proyek padakelompok A TK Islam Bakti II Kota Pekalongan semester IItahunpelajaran 2016/2017?
3. Apakahterjadiperubahanperilakupesertadidikdalamperkembangan motorikhalusanak melalui media pengolahan bahan bekas menggunakan metode proyek padakelompok A TK Islam Bakti II Kota Pekalongan semester IItahunpelajaran 2016/2017?
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas yang dilaksanakandalam 1 siklusmenggunakan model PTK Kurt Lewin. 1 siklusterdiridari 3 pertemuan. Subyekpenelitiankelompok A TK ISLAM BAKTI II PEKALONGAN berjumlah 18 anak yang terdiridari 7 anaklaki-lakidan 11 anakperempuan. Teknikpengumpulan data menggunakanlembarobservasidanalatbantuobservasiberupafoto. Analisis data menggunakananalisis data kualitatifdankuantitatif.
18SK1824004.00 | SK PIAUD 18.004 AMA p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain