SKRIPSI PIAUD
Peningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Metode Karyawisata Pada Anak Usia Dini di KB HUMAERO' Muslimat NU Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
MUNASIFAH,2024213010, Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Karyawisata di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Kata kunci: Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Metode Karyawisata
Kecerdasan naturalis adalah Kecerdasan dalam memahami alam, yang meliputi kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan perbedaan maupun persamaan ciri-ciri diantara spesies baik flora maupun fauna. Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan dapat menanamkan penerapan Kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata sejak dini seperti yang telah terdapat dalam permendikbud No. 137 dan 146 yang sesuai dengan kurikulum 2013 tentang standar pendidikan anak usia dini mengenai penyelenggaraan pendidikan PAUD Non-formal yang berbentukKelompok Bermain (KB), Oleh karena itu Kelompok Bermain bertugas mengarahkan anak didik agar dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan dalam perkembangan peserta didik tersebut. Demikian juga yang diterapkan di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dalam memberikan pembelajaran melalui metode karyawisata disesuaikan dengan kurikulum 2013 dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak, mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (metode, media yang digunakan), dan tahap evaluasi pembelajaran.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata, dan faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran melalui metode karyawisata di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran melalui metode karyawisata di KB Humaero’ Muslimat NU Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoretis, sebagai wacana bagi para praktisi pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan kompetensinya dalam peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata, menambah wawasan tentang Peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata. Secara praktis, sebagai bahan masukan bagi guru dalam peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata pada anak usia dini, memberi masukan kepada guru tentang peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan metode karyawisata pada anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Kualitaif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pendekatan kuantitatif yaitu data yang diolah dengan menggunakan deskripsi persentase. Nilai yang diperoleh siswa dalam menyelasaikan soal dirata-rata untuk ditemukan keberhasilan individu dan keberhasilan klasikal sesuai target yang telah ditentukan. Pada data kuantitatif dikategorikan belum muncul, mulai muncul, mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metodeobservasi dan metode dokumentasi, dan metode analisis data.
18SK1824003.00 | SK PIAUD 18.003 MUN p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain