SKRIPSI BPI
Penerapan Bimbingan Kelompok Dalam Pembentukan Karakter Anak Asuh Di Asrama Putri panti Asuhan Ar-Robithoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan
Bimbingan kelompok merupakan suatu pendekan dalam pembentukan
karakter anak, dimana dalam bimbingan ini anak dapat mengangkat permasalahan
yang dihadapi, baik disekolah maupun dalam masyarakat untuk diselesaikan
secara bersama dengan kawan dengan pengarahan dari pembimbing sehingga
anak dapat mengenalkan diri, bersikap sopan santun, menghormati orang lain dan
dapat mengoptimalisasi diri berdasarkan kemampuan yang dimiliki.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1.Bagaimana Karakter Anak Asuh
di Asrama Putri Panti Asuhan Ar Robitoh Al- Alawiyah Daarul Aitam
Pekalongan? 2.Bagaimana Penerapan Bimbingan Kelompok dalam pembentukan
Karakter Anak Asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar Robitoh Al-Alawiyah
Daarul Aitam Pekalongan? 3.Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
pembentukan karakter anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar- Robithoh Al-
Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan
menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data diperoleh dari pengasuh,
pembimbing, subjeknya adalah anak- anak asuh di Asrama Putri Panti Asuhan Ar-
Robithoh Al- Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Karakter anak di panti asuhan berbedabeda,
hal ini di buktikan dari latarbelakang keluarga yang berbeda. Penerapan
bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter anak asuh di Asrama Putri
Panti Asuhan Ar-robithoh Kota Pekalongan, sangat efektif hal tersebut bisa
dibuktikan dari metode serta kegiatan yang diterapkan oleh para pembimbing dan
pengasuh, metodenya antara lain pembiasaan, yaitu membiasakan anak-anak
berpikir positif dan melakukan kegiatan yang positif, metode ceramah, metode
hiwar atau percakapan, metode keteladanan. Sedangkan materinya berupa akhlak,
fiqih, tajwid, serta keterampilan menjahit, merajut dan tataboga yang diberikan
oleh pihak panti asuhan. Pelaksanaan bimbingan dilakukan setiap hari selama 4
jam, di aula panti asuhan meliputi mengaji bersama, belajar bersama serta
kegiatan yang telah terjadwal yang menjadikan anak- anak menjadi disiplin.
Sedangkan faktor yang mendukung yaitu :lingkungan yang kondusif, keteladan
dan tegasan dari para pembimbing dan pengasuh panti asuhan, sekolah dan sistem
yang jelas. Dan faktor yang menghambat yaitu : kesadaran dari anak- anak yang
kurang, keaktifan anak- anak dalam kegiatan bimbingan, serta pengawasan yang
kurang.
18SK1835042.00 | SK BPI 18.042 FIA p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain