SKRIPSI PGMI
Pengaruh evaluasi model penilaian autentik pada mata pelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa di SD ISLAM 03 Pekalongan
Aini, Nur. 2023113014. 2018. Hubungan Peran Guru Kelas dengan Kecerdasan Emosional Siswa di MSI 02 Keputran Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Drs. H. Abdul Mu’in, M.A
Kata kunci: Peran guru kelas, Kecerdasan emosional siswa.
Guru SD/MI berstatus sebagai guru kelas. Selain itu, guru yang juga sebagai pemimpin kelas diharuskan pula membuat dan melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi kelas. Peranan ini bukan saja pada saat pelajaran berlangsung, tetapi juga sebelum dan sesudah pelajaran belangsung. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali, mengolah, mengontrol emosi agar anak mampu merespons secara positif setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi dengan baik. Dan pada perkembangan emosional siswa diperlukan adanya bantuan dari guru kelas. Dan dengan begitu guru kelas mampu melakukan peranannya dalam usaha untuk mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswanya. Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah: 1) Bagaimana peran guru kelas di MSI 02 Keputran Pekalongan? 2) Bagaimana kecerdasan emosional siswa di MSI 02 Keputran Pekalongan ? 3) Bagaimana hubungan peran guru kelas dengan kecerdasan emosional siswa di MSI 02 Keputran pekalongan ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang digunakan untuk memahami apa yang dialami subjek peneliti, serta untuk meneliti kondisi objek yang alamiah dan menekankan pada proses dari pada produk, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis product moment.
18SK1823081.00 | SK PGMI 18.081 SOL p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain