SKRIPSI PGMI
Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI SUDIRMAN Pekalongan
Afifah, Asfiyatul. 2017. Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan Minat Melanjutkan ke Jenjang SMP Siswa Kelas V MI Sudirman Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Dr. Salafudin, S. Si . M. Si
Kata Kunci : Intelligence Quotient (IQ), Minat.
Latar belakang masalah, Ada beberapa ahli berpendapat bahwa kehadiran inteligensi dalam pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu faktor yang penting yang ikut menentukan berhasil atau gagalnya belajar seseorang. Dari segi emansipasi kemandirian, keinginan yang terpuaskan dapat memperbesar kemauan dan semangat belajar. Dari segi pembelajaran, penguatan akan mengubah keinginan menjadi kemauan, dan kemudian kemauan menjadi cita-cita. Keinginan belangsung sesaat atau dalam jangka waktu singkat, sedangkan kemauan dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Kemauan telah disertai dengan perhitungan akal sehat. Cita-cita dapat berlangsung dalam waktu yang sangat lama, bahkan sepanjang hayat. Cita-cita akan memperkuat motivasi belajar intrinsik maupun ekstrinsik. Sebab tercapainya suatu cita-cita akan mewujudkan aktualisasi diri.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat Intelligence Quotient (IQ) siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?, Bagaimana minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?, Adakah hubungan antara tingkat Intelligence Quotient (IQ) dengan minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui tingkat Intelligence Quotient (IQ) siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan. Untuk mengetahui minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat Intelligence Quotient (IQ) dengan minat melanjutkan ke jenjang SMP siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik korelasi product moment.
18SK1823079.00 | SK PGMI 18.079 AFI h | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain