SKRIPSI PGMI
Pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V pada kurikulum 2013 di SD MUHAMMADIYAH 01 kandang Panjang Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018
Rochmi, Ainur . 2017. PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V PADA KURIKULUM 2013 DI SD MUHAMMADIYAH 01 KANDANG PANJANG KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018, Skripsi Jurusan PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Dr.H.Salafudin,M.Si
Kata kunci : Pembelajaran,PAI,Kurikulum 2013
Pemberlakuan kurikulum 2013 sempat menuai pro dan kontra. Namun di Kota Pekalongan termasuk di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang dan sejumlah sekolah lainnya sudah mengadopsinya. Perkembangan terbarunya penerapan kurikulum pendidikan 2013 mulai dievaluasi. Penerapan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan juga menekankan pada upaya guru dalam memberikan motivasi dan peningkatan keterampilan dimana dikemukakan juga pada Permendiknas no 71 tahun 2013 mengenai Struktur Kurikulum menjelaskan Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang diteliti dapat diidentifikasikan sebagai berikut : 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu membuat gambaran atau lukisan secara sistematika, faktual, akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan fenomena yang diteliti. Penelitian ini juga cenderung meneliti informan yang dianggap mengetahui dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data serta mengetahui data masalah secara mendalam.
18SK1823071.00 | SK PGMI 18.071 ROC p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain