SKRIPSI PGMI
Penerapan metode ROLE PLAYING dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Fiqih materi jual beli di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan
Afrilianah. 2017. Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan / S1 PGMI. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih materi jual beli yang pencapaiannya hanya 13 siswa dari 33 siswa yang tuntas dalam mencapai hasil belajarnya, hal tersebut disebabkan : pertama, karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran mengakibatkan siswa kurang berinteraksi dengan guru ataupun temannya. Kedua, guru masih menggunakan metode yang bersifat konvensional sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi jual beli setelah penerapan metode role playing pada siswa kelas VI di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi jual beli setelah penerapan metode role playing pada siswa kelas VI di MSI 12 Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MSI 12 Pabean dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa terdiri dari 20 siswa laki-dan 13 siswa perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi Model Spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan jumlah 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tindakan yaitu planning, Acting, observing dan Reflecting. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, serta tes hasil belajar baik secara kognitif maupun psikomotorik yang digunakan untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa pada setiap siklus.
18SK1823070.00 | SK PGMI 18.070 AFR p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain