SKRIPSI PGMI
Pelaksanaan Program Pembelajaran Literasi di Kelas III MI GONDANG Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Kholilatus Sa’diyah, 2017. Pelaksanaan Program Pembelajaran Literasi di Kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Aris Nur Khamidi, M.Ag.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Program Pembelajaran Literasi.
Mulanya istilah literasi menunjuk pada huruf, sehingga kadang literasi diterjemahkan sebagai keaksaraan. Ini sesuai dengan hurufiah bahwa literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan literasi siswa di sekolah dasar merupakan kemampuan yang diajarkan dalam semua bidang. Di sekolah dasar pada umumnya mencakup semua rumpun ilmu. Karena siswa perlu mempunyai kemampuan literasi secara lengkap yang menggambarkan keseluruhan bidang ilmu. Di sekolah dasar menjadi sangat penting untuk diajarkan, mengingat kemampuan literasi pada tingkat sekolah dasar akan menentukan bagaimana kualitas diri akan dikembangkan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Bagaimana pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembelajaran literasi kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program pembelajaran literasi di kelas III, untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan proggram pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, memberikan kontribusi mengenai pelaksanaan program pembelajaran literasi di kelas III MI Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, serta dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keterampilan literasi sebagai dasar untuk mengguasai bidang studi yang lainnya.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan mengunakan analisis deskriptif.
18SK1823065.00 | SK PGMI 18.065 SAD p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain