SKRIPSI PGMI
Pendidikan kepramukaan sebagai media pembentukkan karakter disiplin siswa di MI BAITUL ULUM Dlisen Limpung Batang
Rahmawati, Dwi. 2017. Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Umum Budi Karyanto, M.Hum
Kata Kunci: Pendidikan Kepramukaan, Karakter Disiplin
Skripsi yang berjudul “Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang” dilatar belakangi peraturan dan tata tertib yang ada di madrasah saat ini hanyalah dimaknai sebagai peraturan tertulis dan formalitas saja. Banyak siswa yang tidak disiplin dan dengan mudah melanggar tata tertib sekolah. Banyak siswa yang tidak disiplin dan dengan mudah melanggar tata tertib msdrasah.
Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pendidikan kepramukaan di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang? Bagaimana peran pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pendidikan kepramukaan di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang dan untuk mengetahui peran pendidikan kepramukaan dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MI Baitul Ulum Dlisen Limpung Batang. Sedangkan kegunaanya adalah menambah wawasan tentang pendidikan kepramukaan dan karakter disiplin siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembina pramuka, siswa, kepala madrasah dan guru. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis data model interaktif Miles and Hubarman.
18SK1823064.00 | SK PGMI 18.064 RAH p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain