SKRIPSI PGMI
Problematika pelaksanaan pendidikan Inklusif (studi kasus di SD Negeri PANJANG WETAN 03 Pekalongan )
RAKHMA HAYATI, ANDIKA. 2017. PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS DI SD NEGERI PANJANG WETAN 03 PEKALONGAN).Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Ely Mufidah, M. Ag.
Kata kunci: Problematika, Pelaksanaan Pendidikan Inklusif
Anak merupakan amanah dan karunia dari Allah yang Maha Esa. Dalam diri anak melekat harkat dan martabat sebagaimana manusia seluruhnya. Dalam masa pertumbuhan, secara fisik dan mental anak membutuhkan perawatan dan perlindungan khusus. Dengan demikian pendidikan merupakan hal yang mutlak diberikan kepada seluruh anak tanpa terkecuali baik mereka yang normal maupun mereka yang mengalami gangguan atau adanya kelainan-kelainan belajar.Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan inklusif di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongandan bagaiman problematika pelaksanaan pendidikan inklusif di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan inklusif serta problematikanya di SD Negeri Panjnag Wetan 03 Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat penelitian di SD Negeri Panjang Wetan 03 Pekalongan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas dan Guru Pembimbing Khusus (GPK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
18SK1823061.00 | SK PGMI 18.061 HAY p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain