SKRIPSI PGMI
Komparasi hasil belajar siswa kelas II menggunakan alat peraga 2 dimensi pada materi bangun datar di MIS DUWET Kota Pekalongan
Ramadhani, Kurniawan. 2023113040. 2017. KomparasiHasil Belajar Siswa Kelas II Menggunakan Alat Peraga 2 Dimensi Pada Materi Bangun Datar Di MIS Duwet Kota Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.Drs.Akhmad Zaeni, M.Ag
Kata Kunci : Penggunaan Alat Peraga, Hasil Belajar, Bangun Datar
Hasil belajar yang ditunjukan siswa cukup bervariasi dalam materi bangun datar. Hasil belajar matematika tentang bangun datar dipengaruhi banyak hal salah satunya pengunaan alat peraga. Alat peraga mempermudah siswa dalam mempelajari bangun datar. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh alat peraga terhadap hasil belajar maka dibagi dua kelompok yang menggunakan alat peraga (kelas eksperimen) dan yang tidak menggunakan alat peraga (kelas kontrol) . Lalu apakah ada perbedaan penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar bangun datar ?
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan kelas eksperimen alat peraga 2 dimensi pada pembelajaran matematika di MIS Duwet? 2) Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menggunakan alat peraga 2 dimensi (kelas kontrol) pada pembelajaran matematika di MIS Duwet? 3) Bagaimana perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga dengan yang tidak menggunakan alat peraga . Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran dan pengembangan pembelajaran matematika, bahan kajian siswa dan guru dalam meningkatkan hasil belajar tentang bangun datar.
Penelitian ini menggunakan pendidikan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yang dalam pengujian hipotesisnya menggunakan rumus uji t.
18SK1823054.00 | SK PGMI 18.054 RAM k | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain