SKRIPSI PGMI
Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas III di MI PRINGLANGU 01 Pekalongan
Miskiyah. 2017. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Ii Di Mii Pringlangu 01 Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Aris Nur Khamidi, M.Ag.
Kata Kunci : Upaya guru mengatasi kesulitan membaca siswa.
Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tugas guru yang paling utama adalah mengajar, dalam artian menata lingkungan agar terjadi kegiatan belajar pada peserta didik. Salah satunya adalah mengajari peserta didik belajar membaca. membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis.Sedangkan siswa sebagai reader memiliki latar belakang dan tingkat kemampuan yang berbeda-beda, kemudian menimbulkan pula perbedaan pada tiap tingkat kemampuan membaca siswa. Ada yang sudah lancar membaca dan ada pula yang masih kurang lancar membaca. Sebagaimana yang terjadi di MI Pringlangu 01, Kecamatan Pekalongan selatan, Kota Pekalongan.
Ada 3 persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas II (2) Apa saja upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca di kelas II (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat siswa mengalami kesulitan dalam belajar membaca.
Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Kemudian data yang diperoleh adalah data lapangan, kemudian dianalisis menggunakan analisis data.
18SK1823053.00 | SK PGMI 18.053 MIS u | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain