SKRIPSI PGMI
Korelasi Antara minat membaca buku keagamaan dengan motivasi belajar siswa SD MUHAMMADIYAH 01 Pencongan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
A’yun, Faroh Qurrota. 2017. KorelasiAntaraMinatMembacaBukuKeagamaandenganMotivasiBelajarSiswa SD Muhammadiyah 01 PenconganWiradesaKabupatenPekalongan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, Pembimbing Hj. Chusna Maulida, M. Pd.I.
Kata kunci: Minat Membaca, Motivasi Belajar.
Minat yang besar akan mendorong individu untuk melakukan hal-hal yang lebih baik. Dapat diketahui bahwa keadaan minat membaca siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa cukup berminat dalam membaca buku-buku di perpustakaan. Hal ini dapat dilihat dari buku pengunjung perpustakaan di sekolah tersebut dan mereka lebih suka mengisi waktu luangnya untuk membaca. Mereka membaca tidak hanya di sekolah saja, tetapi diluar sekolah juga menyempatkan membaca seperti di rumah. Minat yang besar akan mendorong individu untuk melakukan hal-hal yang lebih baik. Oleh karena itu, pada intinya motivasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan keberadaannya akan berhubungan terhadap minat.
Denganmelihaturaian diataspenelitimengajukan tiga rumusan masalah antara lain: 1)Bagaimanaminatmembacasiswaterhadapbukukeagamaanpadasiswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?, 2) Bagaimanamotivasibelajarsiswa SD Muhammadiyah 01 PenconganWiradesaKabupatenPekalongan?, 3)Apakahadakorelasiantaraminatmembacabukukeagamaandenganmotivasibelajarsiswa SD Muhammadiyah 01 PenconganWiradesaKabupatenPekalongan?. Tujuan penelitian ini meliputi 1) Untuk mengetahui minat membaca buku keagamaan siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa, 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara minat membaca buku keagamaan dengan motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel yang digunakan ada 2 variabel bebas (minat membaca) dan variabel terikat (motivasi belajar), sedangkan untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus statistic Product Moment.
18SK1823046.00 | SK PGMI 18.046 AYU k | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain