SKRIPSI PGMI
Peranan permainan pada kegiatan Ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik di MII 02 PRINGLANGU kota Pekalongan
Inayati, Vika.2017.”Peranan Permainan pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah 02 Pringlangu Kota Pekalongan “.Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Umum Budi Karyanto, M.Hum .
Kata kunci: Pendidikan Kepramukaan, Permainan dan Kreativitas.
Latar belakang penelitian ini berawal dari tiga aspek kemampuan peserta didik yang belum terintegrasi dengan sempurna, yaitu aspek kemampuan afektif (Aspek kemampuan yang berkaitan dengan nilai dan sikap), aspek kemampuan psikomotorik (Aspek kemampuan yang berkaitan dengan kemampuan gerak fisik yang mempengaruhi sikap mental) dan aspek kemampuan kognitif (Aspek kemampuan yang berkaitan dengan kegiatan berpikir). Sekolah sebagai lembaga pendidikan lebih dominan mengedepankann aspek kognitif saja, sehingga kreativitas peserta didik kurang mendapat perhatian. Dari problematika tersebut, sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan harus memiliki wadah tersendiri untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Ekstrakurikuler pramuka menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani bakat dan minat peserta didik, karena di dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdapat permainan-permainan yang mampu meningkatkan kreativitas peserta didik. Oleh sebab itu diperlukan sebuah kajian untuk mendalami peranan permainan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MII 2 Pringalngu kota Pekalongan. (2) mendeskripsikan peranan permainan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kreativitas peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field riset) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa pelaksanaan permainan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan peranannya dalam meningkatkan kreativitas di MII 02 Pringlangu kota Pekalongan yang diperoleh dari kepala sekolah, pembina pramuka, pelatih pramuka dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen dan buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman.
18SK1823043.00 | SK PGMI 18.043 INA p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain