SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Pembelajaran Al-qur'an Hadits di MI HIMMATUT THOLIBIN Kejene Randu Dongkal Kab. Pemalang
Nila Rizqia. 2017. IMPLEMENTASI METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN HADITS DI MI HIMATUT THOLIBIN KEJENE RANDUDONGKAL KAB. PEMALANG. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Kata Kunci : Metode Card Sort, Pembelajaran Alquran Hadits.
Skripsi ini merupakan suatu kajian untuk mengetahui bagaimana implementasi metode card sort dalam pembelajaran alquran hadits di MI Himmatut Tholibin Kejene Randudongkal Kab.Pemalang. Dalam proses belajar mengajar terdapat suatu proses penyampaian materi. Dalam proses penyampaian materi diperlukan suatu strategi atau teknik atau metode. Pada pembelajaran alquran hadits ketika guru menggunakan metode konvensional siswa terlihat kurang aktif dan siswa cenderung hanya mendengar dan menerima pelajaran dari guru. Oleh karena itu seorang pendidik hendaknya memahami dan mampu memilih metode yang cocok dalam suatu proses pembelajaran agar proses pembelajaran terlihat menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Sehingga diperlukan suatu metode yang dapat menarik dan mudah serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan.Dengan penggunaan variasi mengajar berupa metode card sort diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Permasalahan yang dibahas meliputi bagaimana implementasi metode card sort dalam pembelajaran alquran hadits di MI Himmatut Tholibin Kejene Randudongkal Kab.Pemalang, serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode card sort dalam pembelajaran alquran hadits di MI Himmatut Tholibin Kejene Randudongkal Kab.Pemalang.dan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode card sort dalam pembelajaran alquran hadits di MI Himmatut Tholibin Kejene Randudongkal Kab.Pemalang, serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode card sort dalam pembelajaran alquran hadits di MI Himmatut Tholibin Kejene Randudongkal Kab.Pemalang. adapun kegunaan dari penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan secara praktis bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.Bagi siswa sebagai untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar.
Jenis penelitian ini termasuk penilitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif.
18SK1823033.00 | SK PGMI 18.033 RIZ i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain