SKRIPSI PGMI
Implementasi pembelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhul Huda desa Pangempon Bawang Batang
Kholisah, 2017. Implementasi Pembelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhul Huda Desa Pangempon Bawang Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing Dra Hj Fatikhah, M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Tarikh
Madrasah Diniyah Miftakhul Huda adalah salah satu sekolah yang dikelola umat Islam di desa Pangempon Bawang Batang, aktivitas pembelajaran Islam khususnya Tarikh sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah tersebut yang syarat dengan muatan nilai kehidupan Islami. Pembelajaran sejarah atau Tarikh ini bertujuan agar peserta didik dapat mengetahui, memahami, menceritakan kembali, dan meneladani tokoh yang ada di dalamnya, sumber utama sejarah para nabi adalah Al quran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhul Huda Desa Pangempon Bawang Batang, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhul Huda Desa Pangempon Bawang Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhul Huda Desa Pangempon Bawang Batang (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhul Huda Desa Pangempon Bawang Batang.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup tiga aktivitas, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
18SK1823032.00 | SK PGMI 18.032 KHO i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain