SKRIPSI PGMI
Korelasi Strategi pembelajaran Ekspositori (SPE) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIS Duwet Pekalongan
Hidayah, Nur. 2017. Korelasi Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di MIS Duwet Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Hj. Chusna Maulida, M.Pd.I
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Motivasi Belajar
Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Pembelajaran dikatakan berhasil jika materi pelajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai oleh peserta didik secara tuntas. Di MIS Duwet Pekalongan sebagian guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori pada kegiatan belajar mengajar. Selama kegiatan belajar mengajar guru yang menjadi pusatnya. Siswa hanya mendengarkan penjelasan mengenai materi pelajaran yang guru sampaikan. Melihat pembelajaran seperti itu muncul sebuah permasalahan apakah strategi pembelajaran ekspositori mempunyai korelasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIS Duwet Pekalongan.
Permasalahan dalam skripsi ini meliputi:bagaimana strategi pembelajaran ekspositori di MIS Duwet Pekalongan ?, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIS Duwet Pekalongan?, apakah terdapat korelasi antara strategi pembelajaran ekspositori dengan motivasi belajar siswa di MIS Duwet Pekalongan ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran ekspositori yang dilakukan oleh guru IPA dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIS Duwet Pekalongan, serta untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara strategi pembelajaran ekspositori dengan motivasi belajar siswa di MIS Duwet Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI B di MIS Duwet Pekalongan yang berjumlah 24 responden. Dikarenakan populasinya kurang dari seratus maka penelitiannya merupakan populasi.
18SK1823029.00 | SK PGMI 18.029 HID p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain