SKRIPSI PGMI
Pengaruh gaya mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 01 DADIREJO Tirto Pekalongan
Liana, Anna Nova. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Klasik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 01 Dadirejo Tirto Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing Hj. Chusna Maulida, M. Ag.
Kata kunci : Gaya Mengajar Klasik, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Matematika.
Gaya mengajar dianggap penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Seorang guru yang kreatif dan kritis pada gaya mengajarnya dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif. Suasana yang membosankan dapat mengurangi minat siswa untuk mengikuti pembelajaran di kelas, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan hasil belajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, gaya mengajar klasik di SDN 01 Dadirejo sendiri, sering digunakan dalam proses pembelajaran. Artinya guru yang lebih mendominasi kelas, karena tidak memberi kesempatan siswa untuk berkreasi mengungkapkan pendapatnya.
Melihat permasalahan diatas, disusunlah rumusan masalah dari penelitian ini. Pertama, bagaimana gaya mengajar klasik di SDN 01 Dadirejo Tirto Pekalongan. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 01 Dadirejo Tirto Pekalongan. Ketiga, bagaimana pengaruh gaya mengajar klasik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 01 Dadirejo Tirto Pekalongan. Tentunya hal tersebut juga menjadikan tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang penulis lakukan di SDN 01 Dadirejo Tirto Pekalongan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi., serta teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh gaya mengajar klasik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 01 Dadirejo Tirto Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi bagi pembaca tentang gaya mengajar klasik.
18SK1823028.00 | SK PGMI 18.028 LIA p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain