SKRIPSI PGMI
Pengaruh model pembelajaran STAD ( Student Teams Archivement Division) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelasV SD ISLAM Simbang Wetan Buaran Pekalongan
Mazidah, Ana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Kelas V SD Islam Simbang Wetan Buaran Pekalongan. Skripsi. Jurusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dra. Hj. Fatikhah, M.Ag.
Kata kunci : Model Pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division), Kecerdasan Interpersonal
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola pendidikan yang terjadi saat ini masih banyak yang mengedepankan keseragaman dan pengukuran siswa yang cerdas hanya terbatas pada IQ saja. Penggalian kecerdasan peserta didik masih sangat jarang dilakukan sebagai sandaran utama untuk mengawali setiap rancangan pembelajaran. Salah satu kecerdasan yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran siswa adalah kecerdasan interpersonal, karena dengan kecerdasan interpersonal siswa mampu menyampaikan kendala, mengutarakan jawaban, dan berinteraksi dengan siswa lain. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitian ini mencoba menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achivment Division) pada mata pelajaran aqidah akhlak. Dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, karena model ini diarahkan untuk melaksanakan tugas secara kelompok untuk mengerjakannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana model pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas V di SD Islam Simbang Wetan?, 2.) Bagaimana kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Islam simbang wetan?, dan 3.) Bagaimana pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Islam Simbang Wetan?. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Islam Simbang Wetan tahun ajaran 2017/2018. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan sumbangan ilmiah dalam ilmu pendidikan anak, terutama dalam pengembangan kecerdasan interpersonal menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) dalam pembelajaran aqidah akhlak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment pearson Sampel pada penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 23 orang siswa. Alat ukur yang digunaan pada penelitian ini adalah observasi dan angket yang terdiri dari 20 butir pertanyaan pada angket model pembelajaran STAD (Student Teams Archivement Division) dan 20 pertanyaan pada angket kecerdasan interpersonal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data adalah teknik analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment pearson, dan analisis lanjutan dengan menggunakan uji t.
18SK1823026.00 | SK PGMI 18.026 MAZ p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain