SKRIPSI PGMI
Implementasi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI AL-MUAWANAH Kendalrejo Petarukan Pemalang
Herawati, Farida, 2017. Implementasi pembelajaran Aktif PadaMata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Hj.Chusna Maulida, M.Pd.I
Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Bahasa Indonesia
Belajar merupakan layaknya sebuah proses membangun gedung. Anak secara terus-menerus membangun makna yang baru (pengetahuan, sikap, dan keterampilan), berdasarkan apa yang telah mereka kuasai sebelumnya. Pengetahuan dibangaun siswa melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar. Mengajar bukan semata persoalan menceritakan! Belajar bukan konsekuensi otomatis dari penuangan informasi kedalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemerangan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan?Apa Saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran aktif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan. Tujuan penelitian mendeskripsikan Implemenatsi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang ditemukan di lapangan dalam penggunaan metode Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al-Muawanah kendalrejo Petarukan Pemalang.
Jenis Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode pengumpula data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data deskriptif kualitatif.
18SK1823011.00 | SK PGMI 18.011 HER i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain