SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Menabung Nasabah(Studi Kasus pada Produk Tawida di BTM Pemalang)
x
ABSTRAK
Avika, Nur Atiyani. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus pada produk tawida di BTM Pemalang). Skripsi Jurusan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Dosen Pembimbing : Karima Tamara, ST., MM.
Perkembangan jasa pelayanan lembaga keuangan bank dan non bank pada umumnya semakin menjadi perhatian masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat dari persaingan pelayanan, produk dan promosi yang ditawarkan berbagai lembaga keuangan. Munculnya banyak lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip koperasi, merupakan awal bukti diterimanya dengan baik suatu sistem ekonomi yang berlandaskan sistem koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi terhadap minat menabung nasabah.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di KJKS BTM Pemalang dengan mengambil sampel sebesar 70 responden dengan menggunakan probability sampling adalah suatu teknik pengambilan sampel yang mendasarkan diri bahwa setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel.
Hasil penelitian ini menunjukan : (1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah ditunjukkan dengan t hitung 4,364 > t tabel 1,667 dan nilai signifikan 0,000 < 0,050 (2) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah ditunjukkan dengan t hitung 4,364 > ttabel 1,667 dan nilai signifikan 0,000 < 0,050. (3) promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah ditunjukkan dengan t hitung 0,880 < ttabel 1,667 dan nilai signifikan 0,382 > 0,050. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 48,672 > F tabel 2,72. Nilai adjusted R square 0,675. Hal ini menunjukan bahwa minat menabung nasabah (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi. Sedangkan sisanya (100% - 67,5% = 32,5 %) dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, dan minat menabung nasabah
18SK1841160.00 | SK EKOS 18.160 AVI p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain