SKRIPSI EKOS
Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan(KSPP) Syariah SM NU Pekalongan Cabang Bojong
xi
ABSTRAK
Baihaqi, Mukhamad Imam. 2017. Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, dan
Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Simpan
Pinjam Dan Pembiayaan (KSPP) Syariah SM NU Pekalongan Cabang
Bojong. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Dr. Triana Sofiani,
S.H., M.H.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar, untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsumen akan merasa puas
jika kualitas pelayanannya bagus sesuai yang diharapkan bahkan lebih dari itu.
Selain itu, citra perusahaan juga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap
kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
produk, kualitas pelayanan, dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah pada
koperasi simpan pinjam dan pembiayaan (KSPP) syariah SM NU Pekalongan
cabang Bojong baik secara parsial maupun secara simultan. Diharapkan penelitian
ini dapat dijadikan acuan bagi pihak perusahaan untuk memperbaiki produk,
kualitas pelayanan, dan citra perusahaan sehingga dapat meningkatkan kepuasan
nasabah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah
KSPPS SM NU Pekalongan cabang Bojong. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode Non Probability Sampling dengan teknik Accidental
Sampling sebanyak 99 sampel. Dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas
untuk mengukur setiap instrumen pertanyaan. Kemudian dilakukan analisis data
dengan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji signifikansi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, masing-masing
variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan variabel
produk (X1) nilai thitung 2,110 dan nilai signifikansi 0,037, variabel kualitas
pelayanan (X2) nilai thitung 3,565 dan nilai signifikansi 0,001, dan citra perusahaan
(X3) nilai thitung 4,146 dan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan secara simultan,
produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan citra perusahaan (X3) secara bersamasama
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung 35,436 dan
nilai signifikansi 0,000. Kemudian nilai Adjusted R Square sebesar 0,513
menunjukkan bahwa sebesar 51,3% kepuasan nasabah pada penelitian
dipengaruhi oleh variabel-variabel independen yaitu produk, kualitas pelayanan,
dan citra perusahaan. Sedangkan sisanya sebesar 48,7% dijelaskan oleh variabelvariabel
lain diluar model yang tidak dijelaskan dalam panelitian.
Kata kunci : produk, kualitas pelayanan, citra perusahaan, kepuasan
nasabah
18SK1841157.00 | SK EKOS 18.157 BAI p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain