SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Citra Lembaga terhadap Loyalitas Anggota pada KSPPS MINNA Lana Kota Pekalongan(Studi Kasus terhadap Produk Simpanan Tabungan Rizqi)
xi
ABSTRAK
Indah, Nina Mutiara. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Citra
lembaga terhadap Loyalitas Anggota pada KSPPS Minna Lana Kota Pekalongan
(Studi terhadap Produk Simpanan Tabungan Rizqi). Skripsi Fakultas Ekonomi
Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pekalongan.
Dosen Pembimbing: Kuat Ismanto M.Ag
Koperasi memiliki keterkaitan yang sangat erat terhadap anggotanya, karena
hubungan antara koperasi dan anggota merupakan satu kesatuan. Dengan kata lain
kedua komponen tersebut saling membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan citra lembaga terhadap
loyalitas anggota baik secara parsial maupun secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian
deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah anggota SITAZQI KSPPS Minna Lana Pekalongan.
Pengambilan sampel sebanyak 100 responden menggunakan metode probability
sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai sebesar 0,034 ≤ 0,05
dan t hitung (2,154) > t tabel (1,985). (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan t hitung
(4,671) > t tabel (1,985). (3) Citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas anggota dengan nilai sebesar 0,049 ≤0,05 dan t hitung (1,995) >
t tabel (1,985). (4) Secara simultan variable kualitas pelayanan, kepercayaan, dan
citra lembaga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota
dengan nilai F hitung 16,750 >F tabel 2,70 dengan signifikan 0,000 < 0,05. (5)
Koefisiensi determinasi (R2) sebesar 0,323.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Citra Lembaga dan Loyalitas
Anggota
18SK1841155.00 | SK EKOS 18.155 IND p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain