SKRIPSI EKOS
Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk dan Tingkat Pendapatan Mahasiswa terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Berlabel Halal"Wardah"(Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Pekalongan Prodi Ekonomi Syari'ah Angkatan 2013-2014)
x
ABSTRAK
Meliyana, Laila. 2018. PENGARUH IKLAN TELEVISI, CELEBRITY
ENDORSER, KUALITAS PRODUK DAN TINGKAT PENDAPATAN
MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK
KOSMETIK BERLABEL HALAL “WARDAH” (Studi Kasus Pada Mahasiswa
IAIN Pekalongan Prodi Ekonomi Syari’ah Angkatan 2013-2014). Manshur Chadi
Mursid, MM.
Kata kunci : Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Tingkat
Pendapatan Mahasiswa dan Keputusan Pembelian
Persainganantarpasar industri perawatanpribadi dan kosmetik semakin
kompetitif. Hal ini terbukti dengan banyaknya jenis kosmetik produksi dalam
negeri dan produksi luar negeri yang beredar baik di Indonesia. Membanjirnya
produk kosmetik di pasaran mempengaruhi minat seseorang terhadap pembelian
dan berdampak kepada keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel iklan televisi,
celebrity endorser, kualitas produk dan tingkat pendapatan mahasiswa
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 836mahasiswa di IAIN Pekalongan. Penelitian ini difokuskan hanya
pada mahasiswa program studi ekonomi syari’ah angkatan 2013-2014. Sampel
yang diambil 90 responden dengan menggunakan metode slovin. Teknik
pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan cara pembagian angket dan
wawancara. Sumber data didapatkan dari sumber data primer dan data sekunder.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial iklan televisi
berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung5,276>ttabel1,988.
(2) secara parsial celebrity endorserberpengaruh terhadap keputusan pembelian
dengan nilai thitung3,958>ttabel1,988. (3) secara parsial kualitas produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung2,612>ttabel1,988. (4) secara
parsial kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai
thitung2,057 >ttabel1,988. (5) Berdasarkan uji F di ketahui bahwa iklan televisi,
celebrity endorser, kualitas produk dan pendapatan mahasiswa secara bersamasama
mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai Fhitung29,235> Ftabel2,71.
18SK1841153.00 | SK EKOS 18.153 MEL p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain