SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Layanan , Kepercayaan dan Promosi terhadap Loyalitas Nasabah di KSU BMT Kota Santri Bojong Kabupaten Pekalongan
x
ABSTRAK
Ilma, Arina Nurul. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Promosi terhadap Loyalitas Nasabah di KSU BMT Kota Santri Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Siti Qomariyah, M.Ag.
Sebagai sebuah lembaga keuangan yang tengah berkembang, BMT tidak lepas dari ketatnya persaingan antar lembaga keuangan lainnya. Untuk menanggapi situasi persaingan yang ketat, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh BMT adalah dengan menumbuhkan sikap loyal pada nasabah BMT. Loyalitas ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kualitas layanan, kepercayaan dan promosi. Semakin tinggi Kualitas Layanan, kepercayaan dan promosi maka dengan faktor tersebut nasabah akan semakin loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Promosi terhadap Loyalitas Nasabah di KSU BMT Kota Santri Bojong Kabupaten Pekalongan baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yang menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji signifikan statistik dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji parsial (t) yang menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05 dan thitung sebesar 2,375 dengan ttabel sebesar 1,985. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji parsial (t) yang menunjukan nilai signifikansi sebesar sebesar 0,006 < 0,05 dan thitung sebesar 2,782 dengan ttabel sebesar 1,985. (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji parsial (t) yang menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 dan thitung sebesar 2,564 dengan ttabel sebesar 1,985. (4) Dari hasil Uji F telah membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama (simultan) variabel kualitas layanan, kepercayaan dan promosi terhadap loyalitas nasabah di KSU BMT Kota Santri Bojong Kabupaten Pekalongan. Dengan nilai nilai Fhitung 11,532 > Ftabel 2,70 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. (5) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,242.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepercayaan, Promosi, Loyalitas Nasabah
18SK1841148.00 | SK EKOS 18.148 ILM p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain