Perilaku Pedagang Kaki Lima di Depan Kampus IAIN Pekalongan(Tinjauan Etika Bisnis Islam)
ABSTRAK
Puaci, Sri. 2017. Perilaku Pedagang kaki lima di depan kampus IAIN Pekalongan (Tinjauan Etika Bisnis Islam). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing : Dewi Puspitasari, M.Pd.
Dalam kegiatan bisnis, menjadi seorang pedagang bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu tidak dapat dilakukan dengan sesuka hati. Islam memberikan batasan-batasan yang harus dilakukan umatnya, yaitu mempertahankan dan menerapkan etika bisnis islam termasuk menjaga sikap dan perilaku, yaitu Perilaku dalam berdagang yang sesuai dengan etika bisnis Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Pedagang kaki lima di depan kampus IAIN Pekalongan dan Tinjauan Etika Bisnis Islam tentang Perilaku Pedagang kaki lima di depan kampus IAIN Pekalongan. Dalam dunia bisnis, tentunya para pedagang haruslah mengedepankan nilai-nilai etika bisnisnya berdasarkan kepada prinsip dan aturan-aturan agama Islam, seperti: keesaan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebajikan sehingga bukan hanya tujuan untuk mencapai keuntungan saja, akan tetapi juga keberkahan yang harus mereka capai.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang perilaku pedagang kaki lima dan etika bisnis islam sesuai dengan apa yang dilihat dan didengar.
Hasil dari penelitian ini adalah Pedagang kaki lima yang berada di depan kampus IAIN Pekalongan secara legal-formal belum bisa dikatakan sebagai pedagang yang baik, karena tidak memiliki surat izin dalam berdagang, terlebih lagi lokasi yang digunakan untuk bergadang adalah jalan atau trotoar, yang mana sebenarnya fungsi dari trotoar adalah digunakan untuk para pejalan kaki. Namun secara praktisnya, dalam berdagang para pedagang mengetahui perilaku-perilaku yang baik dalam berdagang, meskipun para pedagang mengaku tidak faham dengan etika, akan tetapi para pedagang paham dengan batasan-batasan dalam berdagang yang sesuai dengan ajaran Islam.
Kata Kunci : Perilaku, Pedagang kaki lima, dan Etika bisnis Islam.
18SK1841145.00 | SK EKOS 18.145 PUA p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain