Strategi Pemasaran pada Industri Konveksi Jeans dalam Perspektif Islam(Studi Kasus di Dukuh Prawasan Timur Kedungwuni)
xiii
ABSTRAK
Hasnawati, Ulfa. 2017. Strategi Pemasaran Pada Industri Konveksi Jeans Dalam
Perspektif Islam (Studi Kasus Di Dukuh Prawasan Timur Kedungwuni). Skripsi
Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing : Dewi Puspitasari, M.Pd.
Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan
mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
Wilayah Kedungwuni tercatat ada 16 dukuh yang kebanyakkan masyarakat
berwirausaha dalam konveksi jeans, yang salah satunya paling menonjol adalah di
Dukuh Prawasan Timur. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengusaha
konveksi jean yang ada berjumlah 12 pengusaha, lebih banyak dari pada dukuhdukuh
yang lainnya. Secara umum, masalah pemasaran pada industri konveksi
jeans ini lebih kepada strategi pemasarannya.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran
yang diterapkan pada industri konveksi jeans di Dukuh Prawasan Timur
Kedungwuni dan strategi pemasaran jika ditinjau dari perspektif Islam. Tujuannya
untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan para pengusaha dan ditinjau
dalam perspektif Islam. Kegunaan penelitian secara teoritis untuk menambah
informasi dan sebagai khasanah ilmu pengetahuan khususnya terkait tentang
strategi pemasaran dan menjadi bahan acuan dalam penelitian sejanis dan
pengembangan penelitian lebih lanjut, dan digunakan sebagai bahan pertimbangan
dan bahan evaluasi bagi bisnis usaha Islam pada umumnya dan menjadi indikator
bagi pembisnis Islam tentang hal-hal terkait pemasaran agar sesuai dengan
perspektif Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemasaran yang dijalankan oleh para
pengusaha konveksi di dukuh Prawasan Timur Kedungwuni secara tidak langsung
telah menggunakan strategi pemasaran salah satunya marketing mix (bauran
pemasaran). Sedangkan ditinjau dari perspektif Islam bahwa pemasaran yang
dijalankan selain menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran , juga
menerapkan strategi pemasaran Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama,
penerapan karakteristik pemasaran Islam; kedua, penerapan etika bisnis Islam;
ketiga, mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW.
Kata Kunci: Pemasaran, Strategi Pemasaran, dan Pemasaran Islami
18SK1841140.00 | SK EKOS 18.140 HAS s | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain