Skripsi
Perilaku Pedagang Jeans di Pasar Kedungwuni dalam Perspektif Bisnis Islam
xii
ABSTRAK
Aluwiyah, Sarifah. 2017. Perilaku Pedagang Jeans di Pasar Kedungwuni Dalam Perspektif Bisnis Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Dra. Rita Rahmawati, M. Pd.
Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan para penjual yang menawarkan barang ataupun jasa kepada pembeli yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk memiliki barang dan jasa hingga terjadinya kesepakatan transaksi atau transfer atas kepemilikan barang atau kenikmatan jasa.
Perilaku adalah perbuatan manusia yang kelihatan atau tidak kelihatan yang didasari maupun tidak didasari termasuk didalamnya cara berbicara, cara melakukan sesuatu dan bereaksi terhadap segala sesuatu yang datangnya dari luar maupun dari dalam dirinya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku pedagang Jeans dalam transaksi jual beli dan apakah perilaku pedagang jeans dalam transaksi jual beli di pasar Kedungwuni sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Kegunaan penelitian secara teoritis untuk memberikan kontribusi pada penambahan khazanah keilmuan di bidang ekonomi Islam dan secara prkatis untuk memberikan masukan atau tawaran keilmuan baru yang selalu mendukung untuk dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan teknik wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pedagang jeans, sedangkan objeknya adalah perilaku pedagang, penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Uji Kredibilitas informasi mengggunakan teknik triangulasi, baik sumber, teknik maupun teori. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan : PertamaMengenai perilaku pedagang dalam transaksi jual beli sudah menunjukan perilaku atau sikap yang baik dan sopan kepada calon pembeli, mereka melayani dengan sepenuh hati agar sama-sama merasa puas dalam transaksi tersebut.Kedua, Mengenai perilaku pedagang jeans di Pasar Kedungwuni dalam perspektif bisnis Islam bahwa perilaku pedagang jeans di Pasar Kedungwuni sudah sesuai dengan etika bisnis islam, walaupun pedagang tersebut tidak mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, berdo’a dan bersedekah, adil, tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan penjual baru, dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggung jawab atas kualitas barang, bersikap ramah tamah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberikan waktu tenggang pembayaran. Namun, sebagai perilaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu lalai dalam menjalankan ibadah shalat wajib ketika melakukan transaksi jual beli, tidak menepati janji, dan tidak memberikan waktu tenggang pembayaran.
Kata Kunci : Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam
18SK1841139.00 | SK EKOS 18.139 ALU p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain