Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Volume Penjualan(Studi Kasus pada Asa Swalayan Klego Pekalongan)
x
ABSTRAK
Prahesti, Suci. 2017. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Asa Swalayan Klego Pekalongan). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Siti Qomariyah, M.A.
Perkembangan minimarket saat ini menunjukkan adanya gejala persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas. Untuk itu perusahaan harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi pemasaran yang telah dikuasainya dengan baik. Konsep pemasaran yang efektif dan efisien dalam hal ini adalah pemasaran syariah yang merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values (nilai) dari satu inisiator (pemrakarsa) kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad serta prinsip-prinsip Islam dan muamalah dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran syariah pada Asa swalayan Klego Pekalongan dalam meningkatkan volume penjualan dan menganalisis kelebihan serta kekurangan dari strategi pemasaran syariah pada Asa swalayan Klego Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan tujuan menjabarkan secara jelas mengenai strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan volume penjualan pada Asa swalayan Klego Pekalongan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Asa swalayan Klego dalam meningkatkan volume penjualan menerapkan strategi pemasaran syariah yang dirumuskan dalam empat paradigma yaitu strateginya menyangkut (segmentasi, target pasar, posisi pasar dan diferensiasi), taktiknya menyangkut (bauran pemasaran dan penjualan), nilainya menyangkut (brand, pelayanan dan proses), dan spiritual pemasarannya. Asa swalayan juga menerapkan karakteristik pemasaran syariah yaitu teitis, etis, realistis, dan humanistis. Kelebihannya adalah lokasi yang strategis, produk yang dijual halal, terdapat hak khiyar aib, keramahan karyawan, dekat dengan pemukiman penduduk, belum ada minimarket yang konsepnya sama, dan belum banyak minimarket yang berdiri di daerah Klego. Kekurangannya adalah usia Asa swalayan Klego yang baru, tenaga SDM pemasaran dan promosi masih kurang dan jalan sekitar Asa swalayan Klego yang banjir dan rusak.
Kata kunci: strategi pemasaran, pemasaran syariah, volume penjualan.
18SK1841131.00 | SK EKOS 18.131 PRA s | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain