Pengaruh Islamic Branding dan Fasilitas terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya pada Loyalitas Nasabah Tabungan/Simpanan KSPPS KOPENA Cabang Pekalongan
xi
ABSTRAK
Bilal, Muhammad. 2017. Pengaruh Islamic branding dan fasilitas
terhadap kepuasan nasabah serta dampaknya pada loyalitas nasabah
simpanan/tabungan KOPENA Cabang Pekalongan. Skripsi jurusan
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada
atau tidaknya pengaruh Islamic branding dan fasilitas terhadap kepuasan
nasabah serta dampaknya pada loyalitas nasabah simpanan/tabungan
KSPPS KOPENA Cabang Pekalongan. Pembimbing Muhammad
Nasrullah,S.E.,M.S.I.
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Indonesia dari
tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat. Dengan semakin banyaknya
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Indonesia membuat
persaingan semakin ketat. Hal ini disebabkan memperhatikan keinginan nasabah
melakukan transaksi dan menggunakan jasa lain sesuai ketentuan syariah. Selain
itu peusahaan akan memberikan kebutuhan nasabah dengan memberikan
fasilitias-fasilitas yang membuat nasabah lebih aman, nyaman, senang dan mudah
dalam bertransaksi sehingga muncullah rasa puas tersendiri dari nasabah.
Sehingga rasa puas tersebut akan memupuk sifat setia antara nasabah dan
perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah 100 nasabah simpanan/tabungan KSPPS
Kopena Cabang Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode Non Probability Sampling dengan jenis teknik
accidental sampling, metode Kuantitatif data primer. Dengan menggunakan uji
validitas dan reliabilitas untuk mengukur setiap instrumen pertanyaan.
Menggunakan uji Analisi Jalur (path analisys), uji t dan uji F serta uji
determinansi dengan tingkat signifikan 5%.
Secara parsial, Islamic branding (X1) berpengaruh signifikan dan positif
terhadap kepuasan nasabah (Z) sebesar 34,8%. Fasilitas (X2) berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah (Z) sebesar 38,8%. Islamic
branding (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah (Y)
sebesar 27,8%. Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas
nasabah (Y) sebesar 34,2%. Kepuasan nasabah (Z) berpengaruh signifikan dan
positif terhadap loyalitas nasabah (Y) sebesar 23,0%. Secara simultan, Islamic
branding (X1), fasilitas (X2), kepuasan nasabah (Z) secara bersama-sama
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y). Besar antar variabel pengaruh
loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh dua variabel independen seperti Islamic
branding dan fasilitas serta satu variabel intervening yaitu kepuasan nasabah
sebesar 48,6%. Sedangkan 51,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian
ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan negatif mengenai koperasi
dengan label syariah terbantahkan dan nasabah masih tetap percaya dengan sistem
dan pelayanan sesuai syariah yang diberikan koperasi.
Kata kunci : Islamic branding, fasilitas, kepuasan dan loyalitas nasabah.
18SK1841130.00 | SK EKOS 18.130 BIL p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain