Strategi Pengusaha Batik dalam Menghadapi Persaingan antar Pengusaha Perspektif Etika Bisnis Islam(Studi di Kampung Batik Kemplong Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan)
x
ABSTRAK
Mufidah, Eni. 2017. Strategi Pengusaha Batik Dalam Menghadapi persaingan Antar Pengusaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi di Kampung Batik Kemplong Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing : Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, S.H, M.H.
Persaingan usaha sekarang ini sangat ketat, sehingga masing-masing pengusaha harus mempunyai strategi untuk menghadapi persaingan tersebut. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengusaha batik dalam menghadapi persaingan antar pengusha, dan bagaimana strategi pengusaha batik dalam menghadapi persaingan antar pengusaha perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengusaha batik dalam menghadapi persaingan antar pengusaha yang sesuai dengan etika bisnis islam di Kampung Batik Kemplong Wiradesa. Kampung Batik Kemplong terletak di jalan utama pantura Kecamatan Wiradesa, lokasi ini sangat strategis karena berada pada posisi perempatan antara Wiradesa Kajen dengan Kota Pemalang-Wiradesa-Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang etika bisnis islam dan strategi pengusaha batik dalam menghadapi persaingan antar pengusaha sesuai dengan apa yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi-strategi yang dilakukan oleh Pengusaha Batik Desa Kemplong untuk menghadapi persaingan antar pengusaha ternyata mereka bertahan tidak hanya menggunakan strategi tunggal, tetapi multi strategi seperti: meningkatkan kualitas batik, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas batik, menciptakan motif dan desain batik yang beraneka ragam, dan kemasan produk batik yang menarik. Dan strategi-strategi yang telah dilakukan oleh Pengusaha Batik Desa Kemplong untuk menghadapi persaingan antar pengusaha telah sesuai dengan nilai-nilai dalam etika bisnis Islam.
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Strategi Pengusaha Batik, dan Kampung Batik Kemplong Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
xi
18SK1841125.00 | SK EKOS 18.125 MUF s | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain