SKRIPSI PBA
Efektivitas Metode Hafalan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ribatul Mutaalimin Kota Pekalongan.
x
ABSTRAK
Aqilatul, Munawaroh. 2017. Efektivitas Metode Hafalan Mufradᾱt dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan.. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing H. Khoirul Basyar, M.S.I.
Kata Kunci : Mufradᾱt, bahasa Arab
Mufradᾱt merupakan hal mendasar dari pembelajaran bahasa Arab. Tanpa penguasaan Mufradᾱt siswa tidak bisa menguasai empat kompetensi dalam bahasa Arab yaitu : mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dengan baik. Untuk itu diperlukan metode yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab agar kebutuhan akan pembendaharaan Mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai sehingga ketrampilan berbahasa siswa juga dapat tercapai. Cara yang dilakukan oleh ibu Indah Zulfati selaku guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan adalah dengan menerapkan metode hafalan Mufradᾱt. Metode hafalan Mufradᾱt adalah cara menyajikan pelajaran bahasa Arab dengan jalan menyuruh siswa untuk menghafal Mufradᾱt yang ada didalam buku ajar. Metode ini diterapkan agar pembendaharan Mufradᾱt siswa semakin banyak dan mudah memahami materi bahasa Arab.
Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul : Efektivitas Metode Hafalan Mufradᾱt dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan”, dengan rumusan masalah : Bagaimana penerapan metode hafalan Mufradᾱā dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan? Bagaimana efektifitas metode hafalan Mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode hafalan Mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI MA Ribatul Mutaalimin Kota Pekalongan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fiel research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisi data yang digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan: penerapan metode hafalan Mufradᾱt dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan adalah dengan cara guru menyuruh siswa untuk mnghafalkan beberapa Mufradᾱt yang ada materi pembelajaran.
Adapun teknik yang digunakan oleh guru adalah menuliskan Mufradᾱt yang sudah dihafalkan dibuku masing-masing. Dalam kesempatan pertemuan pembelajaran bahasa Arab, teknik hafalan Mufradᾱt terkadang dengan cara
18SK1822029.00 | SK PBA 18.029 MUN e | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain