SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan
vii
ABSTRAK
Srifatul Aminah. 2022113005, 2017. Implementasi Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Drs. H. Abd. Mu’in, M.A
Kata kunci : Metode Eklektik, Pembelajaran Bahasa Arab
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai karena metode pengajaran merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Tepat atau tidaknya guru dalam memilih metode pembelajaran adalah salah satu faktor keberhasilan seorang guru. Pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan guru menggunakan Metode eklektik karena guru merasa bahwa menggunakan metode eklektik (metode gabungan) dalam sebuah pembelajaran akan berdampak positif melihat cara yang disajikan guru adalah dengan mencampurkan beberapa metode dalam satu pembelajaran hal tersebut bisa membuat suasana kelas menjadi aktif tidak hanya monton saja.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat diangkat adalah: Bagaimana implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan, dan Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode eklektik di SMA Islam Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik di dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan. Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa Arab. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan pagi peserta didik untuk dapat menumbuhkan keaktifan belajar dalam menimba ilmu sehingga diharapkan hasil belajar meningkat, khususnya bahasa Arab dan masukan untuk para guru agar dapat meningkatkan kinerja profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar dikelas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun dalam menganalisa data dengan menggunakan deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif maka penulis menggunakan
18SK1822025.00 | SK PBA 18.025 AMI i | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain