SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Muhadatsah dalam Pengajaran Bahasa Arab di MTS Darul Amanah Sukorejo Kendal.
vii
ABSTRAK
Fatah Yasin. 2016. Penerapan Metode Muhadatsah dalam Pengajaran Bahasa Arab di MTS Darul Amanah Sukorejo Kendal. Skripsi Jurusan Tarbiyah PBA STAIN Pekalongan. H. Abdul Mu’in, M.Ag.
Kata Kunci : Penerapan, Metode Muhadtsah, Pengajaran Bahasa Arab, Darul Amanah
Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran akan menjadi kendala dalam pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Cukup banyak pelajaran yang akan terbuang dengan percuma hanya karena penggunaan metode menurut kehendak guru dan mengabaikan kebutuhan siswa, fasilitas serta situasi kelas. Guru yang selalu senang menggunakan metode ceramah, sementara tujuan pengajarannya agar anak didik dapat memperagakan shalat, adalah kegiatan belajar mengajar yang kurang kondusif. Seharusnya penggunaan metode dapat menunjang pencapaian tujuan pengajaran, bukannya tujuan yang menyesuaikan diri dengan metode. Karena itu, efektivitas penggunaan metode dapat terjadi bila ada kesesuaian antara metode dengan semua komponen pengajaran yang telah diprogamkan dalam satuan pelajaran.
Adapun rumusan masalahnya Bagaimana Penerapan Metode Muhadatsah dalam pengajaran Bahasa Arab di MTs Darul Amanah Sukorejo Kendal? Bagaimana pengajaran Bahasa Arab di MTs Darul Amanah Sukorejo Kendal? Bagaimana penerapan metode muhadatsah dalam pengajaran Bahasa Arab di MTs Darul Amanah Sukorejo Kendal? Adapun yang menjadi tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muhadatsah dalam pengajaran bahasa arab Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode muhadatsah dalam pengajaran Bahasa Arab di MTs Darul Amanah Sukorejo Kendal. Metode Penelitian dan desain penelitian yang digunakan meliputi jenis pendekatan dan jenis penelitian. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki.
Hasil penelitian bahwa metode muhadatsah di MTs Darul Amanah merupakan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang bahasa yang menjadi ciri khusus dari MTs tersebut karena pada dasarnya MTs Darul Amanah merupakan bagian dari Pondok Pesantren Darul Amanah itu sendiri. Dalam penerapannya metode muhadatsah juga dipraktekan dalam keseharian siswa, ketika ada yang siswa telat masuk kelas atau ketika siswa ijin maka bahasa yang digunakan sebagai pengantarnya adalah bahasa Arab. Di Mts Darul Amanah Sukorejo Kendal pengajaran bahasa hanya bersifat penunjang yang masuk kedalam kegiatan ekstrakurikuler dalam proses pengajarannya Mts Darul Amanah memadukan antara kurikulum lokal atau kurikulum yang ada di Pondok Pesantren Gontor Ponorogo dengan kurikulum dari Depag.
18SK1822022.00 | SK PBA 18.022 YAS p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain