Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Simpanan Hari Raya(SARIYA) dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Mediasi
x
ABSTRAK
Nurul Aini, Indah. 2017. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Simpanan Hari Raya (SARIYA) dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada KOPENA Pekalongan). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : H. Gunawan Aji, M.Si
Menabung merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan masyarakat untuk Hari Raya Idul Fitri, dengan menabung dapat mengumpulkan sejumlah uang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada bulan Ramadhan dan persiapan Idul Fitri. Koperasi Pemuda Buana (Kopena) adalah sebuah lembaga keuangan non bank berbentuk koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) yang mempunyai produk Simpanan Hari Raya (Sariya) yang mana produk ini menghimpun dana dari masyarakat guna mempersiapkan kebutuhan pada Hari Raya Idul Fitri. Keputusan nasabah dalam memilih produk Simpanan Hari Raya (SARIYA) dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini menggunakan promosi, kualitas pelayanan dan citra perusahaan sebagai variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih produk simpanan hari raya (Sariya) dengan citra perusahaan sebagai variabel mediasi.
Populasi penelitian ini adalah 9.834 nasabah simpanan hari raya (Sariya) Kopena Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Accidental sampling sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data menggunakan Path Analyse, dimana variabel yang digunakan meliputi promosi, kualitas pelayanan, citra perusahaan dan keputusan nasabah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan nasabah sebesar 0,267 dan juga berpengaruh secara tidak langsung melalui citra perusahaan sebesar 0,351. Kualitas pelayanan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan nasabah sebesar 0,165 dan juga berpengaruh secara tidak langsung melalui citra perusahaan sebesar 0,298. Citra perusahaan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan nasabah sebesar 0,467.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Keputusan Nasabah.
18SK1841121.00 | SK EKOS 18.121 AIN p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain