Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Kepuasaan Konsumen(Studi Kasus Salon Muslimah Pekalongan)
x
ABSTRAK
Khasanah, Uswatun. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Salon Muslimah Pekalongan). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: H. Tamamudin, SE,.MM.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Konsumen
Seiring dengan pertumbuhan bisnis Salon di Kota Pekalongan, menyebabkan semakin tingginya tingkat persaingan yang dihadapi oleh Salon Muslimah. Dimana salon Muslimah sendiri terkadang sepi oleh pengunjung kurang puasnya para pelanggan dalam pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Manfaat penelitian ini secara teoritis dan praktis.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau field research. Dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 120 konsumen. Sedangkan, menentukan sampel menggunakan rumus Teknik Slovin diperoleh sampel 100 responden yang diambil dengan teknik non probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesinoer yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan).
Hasil penelitian menunjukan Tingkat signifikansi variabel Kualitas Pelayanan (X1) adalah 0,000 < 0,05 (signifikansi pada delta 5%) dan nilai thitung 4,417 > ttabel1,661. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tingkat signifikansi variabel Kualitas Produk (X2) adalah 0,097> 0,05 (tidak signifikansi pada delta 5%) dan nilai thitung 1,678 > ttabel 1,661. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tingkat signifikansi variabel Promosi (X3) adalah 0,000 ttabel 1,661. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Pada Uji F, nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat kesalahannya 0,05 dan nilai Fhitung 47,327 lebih besar Ftabel 2,70., maka tolak Ho artinya bahwa secara simultan (bersama-sama) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas Pelayanan, kualitas produk dan Promosi terhadap kepuasan konsumen di Salon Muslimah Pekalongan
18SK1841116.00 | SK EKOS 18.116 KHA p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain