SKRIPSI EKOS
Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Toko Zoya Pekalongan
x
ABSTRAK
Astuti, Windy Dyah. 2017. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Toko Zoya Pekalongan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pada era globalisasi ini bisnis nampaknya tidak dapat dipisahkan dari aktivitas persaingan. Salah satu peluang bisnis yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun adalah bisnis fashion muslim. Pertumbuhan bisnis fashion muslim terus mengalami peningkatan, yang ditunjukkan dengan banyaknya toko-toko busana muslim yang ada sekarang salah satunya Zoya. Zoya merupakan salah satu merek busana muslim yang besar dan berkembang cukup pesat dibeberapa wilayah Indonesia salah satunya di Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh brand image, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian busana muslim di toko Zoya Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekataan kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu brand image (X1), harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3), variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian ini dilakukan di toko Zoya Pekalongan dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Responden dalam penelitian ini yaitu konsumen yang berbelanja di toko Zoya Pekalongan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung 3,531 > t tabel 1,984. (2) harga berpangaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung 2,746 > t tabel 1,984. (3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung 3,319 > t tabel 1,984. (4) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel brand image, harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar daripada nilai F tabel yaitu 20,192 > F tabel 2,70 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. (5) nilai adjusted R square sebesar 0,368, hal tersebut menunjukkan bahwa 36,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 63,2% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Brand Image, Harga, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian
18SK1841107.00 | SK EKOS 18.107 AST p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain