SKRIPSI EKOS
Perilaku Pedagang Sayur di Pasar Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam
ABSTRAK
Najah, Naila. 2017. Perilaku Pedagang Sayur di Pasar Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Dr. Ali Trigiyatno, M.Ag.
Perilaku sebagian pedagang di pasar tradisional masih belum mencerminkan nilai-nilai etika bisnis Islam, seperti yang bisa ditemukan di pasar tradisional Wonopringgo masih mudah ditemukan pedagang yang tidak menepati janji, tidak bersikap ramah kepada pembeli, tidak adil dalam timbangan, cacat barang, dan lalai dalam menjalankan shalat. Dari sinilah penulis tertarik untuk meneliti, akhirnya penulis tuangkan kedalam rumusan masalah berupa perilaku pedagang sayur di pasar Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dalam tinjauan etika bisnis Islam.
Bicara tentang Jenis penelitian, jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan teknik wawancara dan observasi kepada para pedagang sayur di pasar Wonopringgo, petugas pasar Wonopringo dan pembeli sayur di pasar Wonopringgo. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi dan arsip dokumen pihak pengelola pasar Wonopringgo. Subjek penelitian adalah pedagang sayur, sedangkan objeknya adalah perilaku pedagang, penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data mengggunakan teknik triangulasi, baik sumber, teknik maupun teori. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan : Bahwa perilaku pedagang sayur di pasar Wonopringgo kurang sesuai dengan etika bisnis Islam, berdasarkan dari sepuluh perilaku pedagang sayur yang penulis amati ditemukan dua diantara mereka lalai menjalankan shalat, satu dari mereka tidak adil dalam menimbang atau menakar, satu dari mereka tidak menepati janji, enam dari mereka tidak bersikap ramah dalam melayani pembeli. Namun, sebagian perilaku pedagang sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu tidak lalai melaksanakan ibadah shalat wajib, adil atau seimbang dalam menimbang atau menakar dan tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan kepada penjual baru dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggungjawab atas kualitas barang, bersikap ramah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberi waktu tenggang pembayaran.
Kata Kunci: Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam
18SK1841103.00 | SK EKOS 18.103 NAJ p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain