SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Al Asma?ul Khusna di kelas 2 SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017
Nama : Mailah Rusliana
NIM : 2021110395
Judul : Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Al Asma’ul Khusna di kelas 2 SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas SD Salafiyah Fityatul Huda Pekalongan ketika mengikuti proses pembelajaran PAI, masalah yang didapati ialah hasil pembelajaran PAI khusunya pada materi Al Asma’ul Khusna nilainya rendah atau dibawah KKM yang ditetapkan, yaitu 70 oleh Sekolahan tersebut.
Untuk menjadikan Pembelajaran PAI lebih menarik siswa belajar, perlu diawali dalam cara menyampaikannya, salah satunya adalah dengan menggunakan metode Index Card Match. metode Index Card Match merupakan salah satu strategi kreatif dalam sebuah model pembelajaran yang menitikberatkan pada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil untuk membuat kesan sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang dan keterlibatan siswa inilah diharapkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI terutama pada materi Al Asma’ul Khusna dapat ditingkatkan.
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui metode Index Card Match pada siswa kelas 2 SD Salafiyah Fityatul Huda Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 35 siswa dan objeknya adalah hasil belajar PAI. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
18SK1821205.00 | SK PAI 18.205 RUS p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain