SKRIPSI PAI
Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran Badiuzzaman Said Nursi
Zulfa, Laila. 2017. Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran Badiuzzaman Said Nursi. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag
Kata kunci: Badiuzzaman Said Nursi, Pendidikan Islam. Konsep
Keadaan umat Islam sekitar abad ke-20 Masihi amat mendukacita, khususnya di negara Turki. Kekhalifahan Turki Usmani runtuh akibat pemikiran sekularisme yang tumbuh dan menyerang dari berbagai arah. Pada saat itu terjadi perubahan-perubahan yang signifikan, mulai dari menata ulang sistem pemerintahan hingga berbagai aspek kehidupan masyarakat dengan menggunakan cara dan paradigma Barat dengan menghilangkan simbol-simbol Islam. Sistem pendidikan yang dijalankan pada saat itu juga bersifat sekuler, sehingga dikhawatirkan generasi umat Islam akan kehilangan jati diri nya. Said Nursi muncul sebagai tokoh sufi modernis dengan visi yang kuat untuk menyatukan dunia Islam yang sedang retak dan mengusulkan konsep pendidikan Islam dengan pembangunan Medresetuz Zehra dan karya Risalah Nur nya yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan, mulai dari moralitas, keimanan, ilmu pengetahuan dan teknologi, filsafat, isu-isu modern, hingga masalah persamaan hak anatara laki-laki dan perempuan.
Dari latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa yang melatarbelakangi pemikiran Said Nursi sehingga muncul konsep pendidikan Islam? Bagaimana konsep pendidikan Islam dalam pemikiran Said Nursi dan relevansinya untuk pengembangan pendidikan Islam sekarang?. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang, setting sosial, dan historis munculnya konsep pendidikan Islam Badiuzzaman Said Nursi, untuk mengetahui konsep pendidikan Islam Badiuzzaman Said Nursi. Adapun kegunaan penelitian ini adalah memberikan ko ilmu pendidikan dalam kajian pembaharuan pendidikan menurut pandangan Badiuzzaman Said Nursi, memperbaiki pola pikir masyarakat mengenai konsep pendidikan Islam, dijadikan sebagai bahan pengembangan dalam melakukan kajian ilmiah khususnya bagi mahasiswa fakultas tarbiyah.
Penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Kemudian dalam teknik pengumpulan data peneliti mencari dan menggali data dari bahan-bahan yang terkait dengan permasalahan yang akan dibahas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis dan analisis isi (content analysis).
18SK1821204.00 | SK PAI 18.204 ZUL k | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain