SKRIPSI PAI
Manajemen Program Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan
Muthohar. A, 2017. Manajemen Program Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Aris Nurkhamidi, M. Ag.
Kata Kunci : Program Sekolah Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus
Program sekolah inklusi merupakan program dari pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan kepada seluruh warga Negara Indonesia. Program sekolah inklusi hadir sebagai implementasi kebijakan pemerintah tentang pendidikan inklusif yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 yang menjelaskan bahwa semua pesertadidik berkelainan dan mempunyai bakat istimewa diberi kesempatan untuk belajar dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan teman sebaya mereka. Sekolah inklusi merupakan sekolah formal yang mengakomodir dan mengintegrasikan peserta didik reguler (Normal) dan peserta didik berkebutuhan khusus dalam program yang sama, sehingga sekolah pelaksana program sekolah inklusi harus menyesuaikan komponen-komponen pendidikan yang ada dengan kondisi peserta didik yang heterogen. Sekolah inklusi memiliki tanggung jawab menyelenggarakan proses pendidikan didasarkan pada kemampuan dan kebutuhan masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus. Sehingga sekolah inklusi harus melakukan pengembangan pada komponan-komponan pendidikan yang terdapat dalam sekolah tersebut. Komponen yang dikembangkan diantaranya kurikulum yang digunakan, pendidik, input peserta didik, kegiatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta sarana dan prasarana sekolah.
Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana manajemen program sekolah inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen program sekolah inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah manajemen program sekolah inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan dan menelaah faktor pendukung dan penghambat manajemen program sekolah inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMP N 10 Kota Pekalongan
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research)dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis milles and Huberman denganlangkah-langkah analaisis data mencakup: reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.
18SK1821203.00 | SK PAI 18.203 MUT m | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain