SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang
Alqorina, Fanni. 2017. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ S1 PAI. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing M. Yasin Abidin, M.Pd.
Kata kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar
Dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, guru memegang kendali proses pembelajaran secara aktif. Guru lebih mengetahui strategi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang dalam pelajaran pendidikan agama Islam yaitu siswa kesulitan menghafal nama tempat dan tahun pada materi yang berkaitan dengan sejarah Islam dan siswa kesulitan membaca ayat Alquran sesuai dengan tajwidnya. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang, dilakukan dengan cara mengenali kesulitan belajar yang dialami siswa, kemudian memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa terkait dengan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Siswa membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang?, Apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang, dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang. Kegunaan penelitian secara teoritis yaitu untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan, terkait dengan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Plus Salafiyah Pemalang, dan sebagai referensi untuk menentukan strategi guru yang sesuai untuk mengatasi kesulitan belajar. Sedangkan kegunaan praktis yaitu sebagai masukan bagi guru pendidikan agama Islam untuk menerapkan strategi yang tepat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, dan bagi siswa agar memperoleh strategi yang tepat sehingga kesulitan belajar dapat teratasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang membagi analisis data dalam penelitian kualitatif ke dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
18SK1821198.00 | SK PAI 18.198 ALQ s | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain