SKRIPSI PAI
Penggunaan Metode Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Membentuk Disiplin Siswa di MTs N 01 Pekalongan
Arifah, Ana, Imroatun. 2017. Penggunaan Metode Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Membentuk Disiplin Siswa di MTs N 01 Pekalongan. Skripsi Tarbiyah PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Mutammam, M. Ed.
Kata kunci: Metode Pembiasaan, Asmaul husna, Disiplin
Peraturan sekolah dirasakan sebagai suatu yang seharusnya dipatuhi oleh siswa untuk kebaikan diri sendiri dan kebaikan bersama, yang kemudian akan menjadi suatu kebiasaan yang baik menuju ke arah disiplin diri sendiri (self discipline). Untuk mewujudkan siswa yang memiliki disiplin diri tidaklah mudah, diperlukan pembiasaan yang konsisten pada siswa sejak siswa mulai mengenal bangku sekolah, di MTs N 01 Pekalongan masalah siswa seperti kurang disiplin siswa terutama datang terlambat, masuk kelas tidak tepat waktu setelah jam pelajaran sudah dimulai, tidak mengikuti jam pelajaran tertentu dan bermain di parkiran luar sekolah serta pada saat jam pelajaran berbohong pada guru meminta izin ke toilet namun pada kenyataannya pergi ke kantin.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana metode pembiasaan membaca asmaul husna di MTs N 01 Pekalongan? bagaimana kedisiplinan siswa yang terbiasa membaca asmaul husna? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembiasaan membaca asmaul husna dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah untuk menambah dan memperkaya ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya mengenai metode pembiasaan membaca asmaul husna dalam membentuk disiplin siswa, dapat dijadikan sebagai pedoman dasar dan landasan awal untuk penelitian-penelitian selanjutnya sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan metode pembiasaan membaca asmaul husna dan disiplin siswa Adapun secara praktis, bagi lingkungan sekolah MTs N 01 Pekalongan diharapkan dapat menciptakan kesadaran akan pentingnya pembiasaan membaca asmaul husna dalam membentuk disiplin siswa. Bagi siswa agar selalu dapat mengikuti pembiasaan membaca asmaul husna, agar asmaul husna tidak hanya dihafal dan tahu artinya namun juga berdampak positif pada siswa.
Metodologi dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode analisis data diskriptif kualitatif.
18SK1821192.00 | SK PAI 18.192 ARI p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain