SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Guru Kelas di MSI 11 Nurul Islam Kota Pekalongan
Lusiana. (2023113006). 2017. Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Guru Kelas di MSI 11 Nurul Islam Kota Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Dr. Hj. Sopiah, M.Ag.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Bimbingan dan Konseling, Guru Kelas.
Salah satu tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Upaya mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan seorang guru profesional guna mendidik dan mengarahkan peserta didik. Salah satunya melalui proses pengarahan peserta didik melalui bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling di Madrasah selain meminimalisir angka kenakalan, juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas dan pengembangan potensi peserta didik.
Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merumuskan masalah: 1). Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling guru kelas di MSI 11 Nurul Islam Kota Pekalongan?. 2). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling guru kelas di MSI 11 Nurul Islam Kota Pekalongan ?. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mengekplorasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling guru kelas di MSI 11 Nurul Islam Kota Pekalongan. 2). Untuk mengekplorasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling guru kelas di MSI 11 Nurul Islam Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara akademis yaitu menambah wawasan ilmu mengenai layanan bimbingan dan konseling, sedangkan secara praktis sebagai bahan masukan bagi guru dan orang tua untuk menambah pengetahuan tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling.
Jenis penelitian ini adalah lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, penelitian ini berorientasi kepada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan model deskriptif, tahapannya meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
18SK1821189.00 | SK PAI 18.189 LUS p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain